MULTIPLE INTELLIGENCES MENGGUGURKAN IQ PART 2

Teori Intelegensi Ganda

Dalam bagian sebelumnya, penulis mengatakan bahwa teori intelegensi ganda yang diungkapkan Howard Gardner merupakan teori kecerdasan yang sesungguhnya. Di antara pembaca mungkin ada yang belum tahu mengenai teori kecerdasan ganda. Salah seorang teman yang pertama kali mendengar hal tersebut bertanya, “Apakah itu? Kepribadian ganda ya?” Atau mungkin seluruh pembaca sudah mengetahuinya? Mari kita telaah satu demi satu.

1. Kecerdasan Linguistik

Seseorang yang memiliki kecerdasan linguistik biasanya unggul dalam logika bahasa dan kaya akan kosakata. Selain itu, mereka mampu berbicara atau menulis dengan luwes. Analisis linguistiknya pun sangat tajam. Orang-orang dengan kecerdasan ini biasanya sangat menonjol dalam hal-hal yang terkait dengan literatur dan berbicara. Bagian otak manusia yang mengatur fungsi berbahasa adalah hemisfer kiri, tepatnya pada daerah Brocca dan nucleus posteriory primer.

2. Kecerdasan Matematis-logis

Kecerdasan ini dimiliki oleh para ahli sains, programmer, dan insinyur. Orang-orang yang mempunyai kecerdasan matematis-logis umumnya sangat ahli dalam menyelesaikan soal-soal berhitung rumit. Mereka juga sangat mengutamakan logika. Mereka mempunyai pola berpikir yang sistematis dan tidak menyukai tulisan yang terlalu panjang. Bagian otak yang memiliki kecerdasan ini adalah belahan kiri.

3. Kecerdasan Spasial

Kecerdasan ini identik dengan keruangan. Orang-orang dengan kecerdasan ini sangat peka terhadap ruang, mampu menebak arah dengan baik, pandai membuat desain, dan mampu berimajinasi dengan baik. Pada belahan otak kanan manusia, terdapat bagian yang bernama temporoparietal cortex dan bagian ini berhubungan dengan keruangan.

4. Kecerdasan Kinestetik

Pernahkah pembaca melihat ada orang dengan badan yang teramat lentur menunjukkan aksinya? Kita dapat dengan cepat terpukau akan kegesitan dan ketangkasan orang itu. Ya, orang seperti itulah yang memiliki kecerdasan ini. Para atlet tentu memiliki kecerdasan kinestetik. Orang-orang yang mempunyai kecerdasan kinestetik lebih menonjol dalam pelajaran olah raga atau yang berhubungan dengan gerak badan. Cerebellum merupakan bagian dari otak manusia yang mengkoordinasi gerakan tubuh.

5. Kecerdasan Musikal

Bach, Beethoven, Mozart dan lain sebagainya merupakan orang-orang yang begitu jenius dalam hal musik. Karya-karya gemilang telah mereka telurkan dan  itu sangat menunjukan kualitas mereka sebagai pemilik kecerdasan musikal. Orang-orang yang memiliki kecerdasan musikal umumnya sangat peka terhadap nada. Mereka mampu menguasai sebuah lagu dengan baik, memainkan alat musik dengan fasih, bahkan mencipta lagu. Pada hemisfer kanan, bagian yang bernama kortex auditory primer berperan sangat penting dalam merespon musik sehingga pada bagian itulah terdapat kecerdasan musikal.

6. Kecerdasan Interpersonal

Orang yang mampu mengerti perasaan orang lain, dapat memberi motivasi ketika teman berduka, dan peka terhadap kondisi orang lain tentu memiliki kecerdasan ini. Mereka umumnya dapat menjadi pendengar curhat yang baik dan berusaha memotivasi kawan yang sedang dihujani masalah. Bidang pekerjaan yang paling cocok untuk orang-orang dengan kecerdasan seperti ini rasanya adalah psikologi.

7. Kecerdasan Intrapersonal

Gemaskah pembaca ketika melihat ada orang yang bisu seribu satu kata? Mungkin pembaca kesal karena orang itu terlihat anti sosial atau lebih suka melamun. Namun, sepertinya pembaca salah sangka, karena rasanya ia justru tengah berpikir dan bukan melamun. Ya, ia sedang berpikir. Ia memikirkan keadaan dirinya atau dapat dikatakan merefleksi diri. Orang seperti ini biasanya memiliki pengenalan akan diri yang amat mendalam. Mereka mampu mengenali diri dan merefleksi diri dengan baik. Tak jarang mereka merenung terlebih dahulu sebelum hendak mengerjakan sesuatu.

8. Kecerdasan Eksistensial

Pembaca mungkin pernah mempertanyakan apa arti dari hidup dan ke mana kita akan pergi setelah melewati kematian. Beberapa filsuf seperti Socrates dan Plato rasanya mempunyai kecerdasan ini. Kecerdasan yang satu ini memang terasa sedikit aneh, tapi apa pun itu kecerdasan ini tetaplah sebuah kecerdasan yang diakui.

9. Kecerdasan Naturalis

Ahli biologi terutama botanist merupakan pemilik kecerdasan naturalis. Sebenarnya kecerdasan ini berhubungan dengan kecerdasan matematis-logis. Mengapa demikian? Karena lingkupnya sama-sama di bidang ilmu pengetahuan alam. Tapi entah kenapa, Howard Gardner memisahkan kecerdasan ini dengan kecerdasan matematis-logis. Orang-orang dengan kecerdasan ini mampu mengenal alam dengan baik, bahkan mereka dapat dengan mudah mengklasifikasi terutama hewan dan tumbuhan.  Bagi mereka, alam merupakan salah satu sahabat yang tidak boleh dijauhi.

bersambung…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s